Alergi Juga Bisa Mematikan

Kompas.com – Alergi tidak hanya mengganggu kualitas hidup penderita, namun juga bisa menyebabkan komplikasi yang kadang mengancam jiwa. Salah satu jenis alergi yang dampaknya mematikan adalah alergi obat.

“Di negara maju, alergi makanan, khususnya kacang, bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang berat. Namun di Indonesia, kasus alergi obat yang paling sering menimbulkan akibat fatal,” papar dr.Zakiudin Munasir, Sp.A (K), ahli alergi imunologi dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM Jakarta.

Apabila setelah minum obat Anda merasakan timbul gatal, tebal atau bengkak, dan kemerahan pada mukosa mulut dan tanpa disertai demam, maka layak dicurigai terkena angioderma. Hendaknya langsung mendapatkan pengobatan medis karena bisa berakibat pada sesak napas.

Obat-obatan yang diperkirakan sering menyebabkan alergi antara lain golongan penisilin, obat analgetik-antipiretik dan parasetamol. “Banyak pasien yang mengalami syok setelah mendapatkan obat-obatan golongan tersebut,” kata dr.Zaki.

Gejala alergi obat bisa bervariasi dari yang ringan sampai yang berat, bahkan disertai dengan gangguan kesadaran. Pertolongan yang terlambat diberikan juga bisa berakibat fatal bagi pasien.

Kasus alergi obat cukup sering dijumpai. Itu sebabnya kita harus menggunakan obat secara rasional, artinya hanya menggunakan obat jika perlu dan obat digunakan dengan cara yang benar.