Delapan Gejala Terjangkit Kanker


Liputan6.com, London: Memang benar ada lebih dari 200 tipe kanker yang menyebabkan berbagai gejala berbeda pula. Namun kini para peneliti Keele University menunjukkan bahwa ada sekitar delapan gejala umum yang kemungkinan besar menjadi penanda seseorang menderita penyakit kanker.

Setiap gejala ini dipilih berdasarkan hasil penelitian dari 25 studi terdahulu. Mereka menemukan bahwa jika seorang pasien berumur di bawah 55 tahun maka hanya ada dua gejala yang dapat menjadi penanda dirinya menderita kanker, yaitu pemeriksaan prostat yang hasilnya abnormal dan juga benjolan pada payudara.

Sementara gejala-gejala lainnya yang harus Anda perhatikan seperti anemia atau kurang darah. Adanya kandungan darah dalam urin, pandarahan di dubur, batuk berdarah, kesulitan menelan, dan juga pendarahan pasca-menopause.

Pada kaum pria berusia di atas 55 tahun, dari penelitian menunjukkan bahwa kesulitan menelan dapat menjadi pertanda seseorang menderita kanker esofagus. Sementara, darah pada urin umumnya merupakan pertanda penyakit ini diderita oleh pria dan wanita berumur diatas 60 tahun.

Kendati demikian, seorang juru bicara dari Cancer Research Inggris mengatakan bahwa bukan hanya ada delapan gejala saja yang berpotensi sebagai penanda seseorang terjangkit kanker. Menurutnya ada lebih dari 200 jenis penyakit kanker dengan berbagai macam gejala yang ditimbulkannya. Namun menurutnya, tetap penting untuk memperhatikan pertanda-pertanda penyakit kanker pada tubuh kita.

“Jika anda melihat sebuah keanehan atau perubahan permanen dalam tubuh anda, maka penting untuk memeriksakannya. Ketika penyakit kanker didiagnosa pada tahap awal maka lebih besar kemungkinan suksesnya perawatan yang dilakukan,” jelasnya. (BBC/CHR/MEL)