Zat-zat Bergizi dalam Air Mani

Merry Wahyuningsih : detikHealth

detikcom – Jakarta, Kandungan air mani atau sperma selalu menarik perhatian ilmuwan untuk menelitinya. Air mani ternyata memang mengandung banyak zat-zat bergizi yang bagus buat pembuahan. Tapi manfaatnya jadi tidak ada jika air mani ditelan seperti minum obat.

Dalam perspektif kesehatan, air mani dipandang sebagai suatu substansi biologis yang dikeluarkan oleh pria untuk membuahi telur-telur dari wanita melalui proses persatuan sperma-telur. Cairan semen atau air mani atau cairan organik ini juga dikenal sebagai seminal fluid, yang biasanya mengandung spermatozoa.

Secara fisiologis, air mani dikeluarkan oleh gonad (kelenjar seksual) dan organ seksual lainnya dari pria atau binatang hermaprodit untuk membuahi sel telur wanita.

Hasil penelitian Johnson dan Everitt dalam bukunya Essential Reproduction (2000) mengungkapkan bahwa air mani berisi kandungan gizi yang tinggi. Dalam ejakulasi khas (kira-kira satu sendok teh), air mani sudah mengandung 150 mg protein, 11 mg karbohidrat, 6 mg lemak, 3 mg kolesterol, 7 persen US AKG kalium, tembaga dan seng.

Dilansir dari Netdoctor, Jumat (15/10/2010), berikut rincian kandungan nutrisi pada air mani:

Gula

Fruktosa: gula yang sangat manis yang juga terkandung di dalam buah-buahan dan madu

Sorbitol: pemanis yang sering dijadikan sebagai pengganti gula pada penderita diabetes

Inositol: zat manis ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan sering dianggap sebagai makanan otak

Protein dan asam amino

Glutathione: antioksidan penting yang dapat mengikat racun seperti logam berat, pelarut dan pestisida

Deoxyribonucleic acid (DNA): asam nukleat yang mengandung instruksi genetik yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi dari semua organisme hidup

Creatine: pasokan energi untuk kontraksi otot

Mineral

Fosfor: membantu tubuh menyerap kalsium untuk membuat tulang kuat

Seng

Magnesium: membantu mempertahankan otot normal dan fungsi saraf, menjaga irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, membuat tulang kuat, membantu mengatur tingkat gula darah, meningkatkan tekanan darah normal, dan juga terlibat dalam metabolisme energi dan sintesis protein.

Kalsium: membuat tulang kuat

Kalium: sangat penting untuk pertumbuhan normal tubuh dan untuk penggantian jaringan usang

Vitamin

Ascorbic acid (vitamin C): dapat membantu seseorang tampak lebih muda dan cantik. Vitamin C juga mendorong pertumbuhan rantai protein dalam kolagen, yang merupakan bahan utama dalam semua jaringan berserat.

Vitamin B12 : meningkatkan energi

Kolin: mempertajam pikiran

Hormon

Testosteron: mendorong fungsi seksual dan meningkatkan dorongan seks

Prostaglandin: berpartisipasi dalam berbagai fungsi tubuh seperti kontraksi dan relaksasi otot polos, dilatasi dan penyempitan pembuluh darah, kontrol tekanan darah, dan modulasi peradangan.

Produk tubuh

Asam laktat

Urea

Asam urat

Nitrogen

Gara-gara kandungan sperma yang bergizi ini banyak yang percaya sperma yang ditelan perempuan bisa bikin awet muda. Tapi sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan menelan sperma bisa menghambat proses penuaan.

Efek yang mungkin bisa ditimbulkan hanyalah dampak psikis saja, dalam hal ini sang perempuan merasa bahagia karena berhasil memuaskan pasangannya.

Sampai saat ini juga belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan apakah bahan tersebut bermanfaat ditelan oleh manusia. Yang jelas air mani dari pria yang sehat dan tidak terinfeksi penyakit akan membuat calon embrio juga sehat.