Empat Jurus Hentikan Mendengkur


Liputan6.com, Jakarta: Mendengkur atau mengorok (sleep apnea) terjadi karena adanya penyempitan saluran nafas. Mendengkur ternyata memiliki efek berbahaya bagi tubuh. Karena pada saat mendengkur suplai oksigen ke seluruh tubuh terganggu.

Pada penderita mendengkur akut, ada saat di mana pernapasan mereka berhenti selama beberapa saat atau obstructive sleep apnea (OSA). Saat itulah, seluruh organ tubuh akan bekerja lebih keras, termasuk jantung dan otak.

Keadaan itu akan berefek buruk bagi organ-organ tubuh. Bahkan dapat menyebabkan kematian. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat anda coba untuk menghentikan kebiasaan mendengkur:

1. Kontrol berat badan Anda.
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki berat badan lebih akan memiliki masalah mendengkur. Sedangkan mereka yang memiliki berat badan normal sangat jarang ditemukan memiliki kasus serupa.

2. Hindari Merokok.
Merokok memiliki efek buruk bagi kesehatan, terutama bagi sistem pernapasan. Merokok dapat menyebabkan pembengakakan saluran lendir di hidung, radang tenggorokan, dan penyumbatan pembuluh kecil di paru-paru.
 
3. Hindari Minuman atau makanan yang mengandung alkohol.
Alkohol menyebabkan relaksasi pada saluran pernapasan selama tidur, yang merupakan penyebab utama seseorang mendengkur.

4. Atur waktu tidur Anda.
Jika Anda memiliki kebiasaan tidur yang tidak seimbang dapat menyebabakan sistem pernapasan tidak stabil. Oleh karena itu, tetapkan pola tidur agar Anda dapat tidur minimal 7,5 jam per hari.(Askmen/DC/SHA)