Cita Rasa Asia Tingkatkan Usia Anda

Liputan6.com, Los Angeles: Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap kunyit dan rempah-rempah yang umum terdapat dalam kari India serta hidangan Asia lainnya, dipercaya dapat memperpanjang usia Anda. Hal ini dikarenakan kandungan dalam kunyit yang memiliki anti-oksidan, selain itu sebuah unsur yang ditemukan dalam kunyit juga dapat menunda kerusakan hati, serta mencegah kanker.

Sebuah uji coba dilakukan terhadap lalat pada buah menemukan bahwa bumbu-bumbu bahan masakan Asia tersebut menyebabkan seragga tersebut hidup 20 persen lebih lama dari biasanya. Para peneliti mengungkapkan bahwa kandungan dalam bumbu tersebut membuat para serangga itu meningkatkan mobilitas.

Mahtab Jafari, pemimpin penelitian dari Universitas California, mengatakan, “Hasil awal dari penelitian laboratorium menunjukkan bahwa kandungan dalam bumbu tersebut memiliki anti-inflamasi, anti kanker dan antioksidan.” Jafari mengatakan karyanya dengan lalat buah dapat langsung relevan dengan bagaimana kunyit mempengaruhi orang, karena lalat dan manusia memiliki gen dan penuaan yang hampir sama, konsumsi rempah-rempah mempengaruhi usia gen pada lalat.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa hasil penelitiannya ini tidak bisa langsung diujicoba kepada manusia. Kurkumin merupakan bahan dalam kunyit, bumbu dasar yang berwarna oranye ini merupakan pokok dalam masakan Asia, yang juga digunakan pada masakan Amerika karena rasa pedasnya. Bumbu ini telah digunakan sebagai obat oleh masyarakat selama berabad-abad, dan dikonsumsi di Asia untuk mengobati sakit perut, sakit radang sendi, luka dan memar.(Xinhua/AYB)