Kendalikan Nafsu Makan dengan Warna

JAKARTA, KOMPAS.com — Warna memang sangat berpengaruh terhadap kondisi seseorang. Dan tahukah Anda kalau warna juga dapat dijadikan pengendali nafsu makan?

Keinginan untuk makan bisa saja dipengaruhi oleh warna yang ada di pandangan mata Anda. Warna-warna terang seperti kuning, merah, atau oranye dapat merangsang nafsu makan. Sebaliknya, warna hijau, biru, abu-abu, dan coklat cenderung membuat nafsu makan berkurang.

Anda dapat mengujinya. Silakan pergi ke ruang makan dengan taplak meja berwarna merah terang atau oranye cerah. Pasti ada kecenderungan Anda akan makan lebih banyak. Memang corak warna-warni dapat menggenjot nafsu makan.

Karena itu, untuk Anda yang sedang menjalani program diet dapat memilih warna-warna putih atau pastel tua untuk taplak atau lap di meja makan rumah Anda.

Perhatikan pula warna dan corak peralatan makan Anda. Sebaiknya hindari piring yang memiliki corak bunga atau corak lain yang lebih cerah agar makanan yang Anda tuang tidak terlalu berlebihan.

Supaya makanan juga porsinya minimal, coba gunakan piring kecil yang berwarna coklat tua, biru tua, abu-abu atau hitam. Dengan begitu, makanan seolah-olah tampak lebih penuh. Bagaimana, berniat mencoba? (tam)