Kesenangan yang Menyehatkan


Liputan6.com, Jakarta: Siapa bilang tak ada kesenangan yang mendatangkan manfaat sehat bagi tubuh. Coba lakukan kesenangan-kesenangan berikut saat me time tiba dan rasakan bagaimana tubuh akan begitu berterima kasih kepada kita.

Kesenangan 1 : Tidurlah dengan lelap
Para ahli sepakat, tidur bukanlah aktivitas tanpa makna. Bahkan, ketika kita memberikan tubuh waktu tidur yang cukup dan berkualitas, akan banyak khasiat dirasakan oleh tubuh kita. Mulai dari meningkatkan imunitas, mengasah ketajaman otak, sampai membuat kita lebih ramping.

Maka saat akhir pekan tiba, cobalah untuk benar-benar mencukupi syarat tidur sehat, yaitu terlelap selama tujuh atau delapan jam di malam hari. Dan di siang hari, tambahkan dengan tidur siang satu hingga dua jam. “Setidaknya ini akan membuat tekanan darah serta nafsu makan kita kembali stabil,” ucap Nieca Goldberg, MD., dokter dari New York University-Langone Women’s Heart Program.

Kesenangan 2 : Sebuah cokelat untuk melancarkan peredaran darah
Menikmati cokelat ternyata dapat menekan tekanan darah, mengurangi risiko serangan stroke, plus membebaskan pembuluh darah kita dari timbunan plak-plak. Tapi pilihlah dark chocolate untuk menikmati semua manfaat itu. “Sebab dark chocolate mengandung begitu banyak flavonoids yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang berfungsi membuat pembuluh darah kita lebih fleksibel,” papar Goldberg.

Tak hanya itu, sebuah penelitian bahkan membuktikan mengonsumsi 40 gram dark chocolate setiap hari selama dua minggu, dapat menekan produksi hormon yang membuat kita panik.

Kesenangan 3 : Girls night out
Bersenang-senanglah bersama sahabat-sahabat perempuan kita. Sebab sebuah penelitian mengungkapkan, ketika kita menghabiskan waktu bersama sahabat untuk tertawa atau sekadar mendengarkan cerita masing-masing, dapat menghindarkan kita dari serangan flu, membuat otak lebih sehat, plus memperpanjang umur.

“Berada di tengah-tengah sahabat akan membuat kita lebih sehat. Tapi sahabat yang kita pilih juga harus orang-orang yang memang memberikan dampak positif bagi emosi dan psikolgis kita,” kata Alice Domar, direktur dari Domar Center for Mind/Body Health.

Kesenangan 4 : Bebas pikun berkat secangkir kopi hangat
Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2009 mengumumkan, penikmat kopi moderat yang hanya minum sebanyak satu sampai dua cangkir setiap hari, ternyata memiliki risiko kepikunan dan Alzheimer yang lebih kecil. Tapi jika kita menikmatinya lebih dari cangkir yang disarankan, maka yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu risiko terkena diabetes. Sebab konsumsi kopi yang berlebihan dapat mengacaukan metabolisme tubuh termasuk produksi insulin.

Kesenangan 5 : Relaksasi melalui pijatan lembut
Secara umum, semakin sering kita mendapatkan sentuhan maka kita akan semakin sehat. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008 mengungkapkan, perempuan yang rutin melakukan pijatan dua kali dalam seminggu, lebih jarang mengalami depresi dan kejenuhan. Bonus tambahannya, energi positif ini juga ditularkan responden pada pasangannya.(http://preventionindonesia.com/ULF)